Rabu, 29 September 2010

LIMBAH KOTORAN TERNAK

                



        Sekilas jika kita lihat, sesuatu yang berupa sisa atau disebut limbah tidak ada gunanya. Namun jika kita teliti dan amati lebih dalam, limbah tsb akan lebih berguna bagi kita jika kita olah kita dpt mengubah barang tak berguna menjadi lebih berguna. Seperti limbah disekitar rumah kita, salah satunya ialah kotoran ternak.
 
             Di desa banyak sekali orang yg berternak. sehingga kotorannya tsb bisa menumpuk setiap harinya. Jika kotoran tsb hanya didiamkan saja, tentu tidak akan berguna.
   
          Limbah kotoran ternak sangat berguna bagi pertumbuhan tanaman. Sebenarnya hal tsb bisa dimanfa'atkan oleh para petani, agar tanaman milik mereka bisa tumbuh subur dengan tidak memerlukan biaya yg besar. Kotoran yg bisa dipakai biasanya ialah kotoran sapi, ayam, & kambing.

       
      Para petani bisa menjadikan kotoran-kotoran tsb untuk dijadikan pupuk organik. Selain mampu menyuburkan tanaman, pupuk tsb juga bisa membuat hasil panen jauh lebih berkualitas jika dibandingkan dgn pupuk kimia. Harga jualnya pun tinggi jika tanpa memakai pupuk kimia/ lainnya yg berbau kimia.


             Cara membuat pupuk organik pun juga mudah, hanya dengan mengumpulkankan kotoran yang masih basah menjadi satu, lalu didiamkan selama kurang lebih beberapa minggu hingga kotoran tsb menjadi kering & lembut. kalau sudah kering, pupuk tsb sudah bisa dipakai ........
         

    Selain bisa dijadikan pupuk organik, kotoran ternak juga bisa menghasilkan gas yang mampu dijadikan bahan bakar, atau biasa disebut "BIOGAS", karena berasal dari makhluk hidup.
       

      Seiring mahalnya bahan bakar, maka Biogas ini sangat cocok digunakan sebagai pengganti bahan bakar. Apalagi bahan bakar minyk sekarang sudah mengalami kelangkaan, jd menggunakan biogas memang sangatlah cocok sebagai pengganti bahan bakar minyak.....

              Biogas kotoran ternak dapat digunakan untuk bahan bakar memasak, karena biogas ini mampu menghasilkan energi panas (api) . Biogas juga mudah dibuat jika kita bisa, & juga mudah didapat karena bahan pokok untuk membuat Biogas masih cukup mudah untuk didapat.




              Dengan demikian, kita tidak boleh hanya melihat limbah dari sisi negatifnya saja, namun kita juga harus melihat sisi positifnya juga. dengan berfikir seperti itu, maka kita dapat memberi perubahan pada limbah, dari limbah yg tidak berguna menjadi lebih berguna, bahkan sangat berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar